Rabu, September 19, 2012

Pilih Blogger Atau WordPress ? Lebih Bagus Mana ?

Pilih Blogger atau WordPress Ini mungkin pertanyaan yang akan muncul ketika anda pertama kali berniat terjun ke dunia blogging, mana yang harus saya pilih, Blogger atau WordPress ? lebih bagus mana sih ? Saya cukup familiar dengan Blogger dan WordPress, tapi khusus untuk WordPress saya lebih familiar dengan yang versi self-hosted-nya itu, bukan WordPress yang di-hosting-kan di wordpress.com (namabloganda.wordpress.com), jadi di artikel ini yang akan saya bandingkan dengan Blogger adalah WordPress yang versi self-hosted artinya anda download WordPress-nya di wordpress.org lalu anda install sendiri di akun hosting anda.

Pilih Blogger atau WordPress ?

Blogger adalah layanan blogging milik Google yang sudah siap pakai, anda tinggal daftar, pilih nama blog, sedikit kustomisasi layout dan anda pun sudah siap nge-blog. Jika anda ingin fokus dengan kegiatan menulis blog saja dan tidak mau dipusingkan dengan biaya hosting bulanan atau tahunan, setup blog, optimisasi theme maka saya rasa memilih Blogger sebagai tempat nge-blog anda adalah pilihan yang lebih tepat dibandingkan memilih hosting sendiri dan meng-install WordPress. Karena berdasarkan pengalaman saya semenjak nge-blog dari tahun 2007, menggunakan WordPress itu pikiran saya sering teralihkan untuk urusan lain selain nge-blog seperti biaya hosting, utak-atik plugin dan theme.

Kelebihan Blogger

  • Gratis, siap pakai dan tidak perlu memikirkan biaya hosting.
  • Dimiliki oleh Google, berdasarkan pengalaman saya posting blog di Blogger lebih cepat di-index (ditemukan dan direkam di database) oleh search engine Google ketimbang WordPress.
  • Loading cepat dan tidak perlu khawatir blog anda tidak bisa diakses (server down), kalau WordPress tergantung kualitas layanan hosting yang anda gunakan.

Kelebihan WordPress

  • Didukung oleh begitu banyak koleksi plugin dan theme, hampir tidak terbatas apa yang bisa kita lakukan dengan WordPress ini.
  • Akses ke bahasa pemrograman PHP, jika anda familiar dengan bahasa pemrograman PHP maka kemungkinan anda akan lebih menyukai WordPress karena anda bisa memodifikasi theme WordPress anda menggunakan bahasa pemrograman PHP, anda juga bisa memodifikasi plugin dan lain sebagainya.
  • Karena hosting sendiri maka menggunakan WordPress ini anda akan lebih merasa memiliki data-data blog anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar